Kamis, 09 Januari 2014

Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI)

Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI) adalah salah satu organisasi mahasiswa se-profesi yang berdiri pada tahun 1990 dan menjadi salah satu anggota IOMS (Ikatan Organisasi Mahasiswa Se-Profesi) di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (dulu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) yang keberadaannya secara legal formal diakui oleh instansi tersebut dengan dikeluarkannya SK Dirjen DIKTI Nomor : 04/DIKTI/KEP/1991.
Dalam sejarah, terbentuknya FKHMEI berawal dari pertemuan di Universitas Indonesia pada tahun 1987 yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di Institut Teknologi Bandung pada Desember 1988. Pada tanggal 5 November 1988 bertempat di Institut Teknologi 10 November Surabaya ditandailah persetujuan berkaitan dengan pembentukan organisasi FKHMEI. Setelah melalui diskusi-diskusi secara intensif yang dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya di Balai Sidang Senayan Jakarta pada Maret 1988; Universitas Brawijaya Malang pada Maret 1989 dan diteruskan di Sekolah Tinggi Teknologi A. Yani Cimahi September 1989. Sebagai tindaklanjut dari hasil rapat dan diskusi serta dalam rangka membangun infrastruktur organisasi, maka dibentuklah sebuah kepengurusan FKHMEI yang pertama pada Musyawarah Nasional I FKHMEI di Universitas Udayana Bali pada tahun 1990. Sebagai organisasi yang senantiasa eksis dalam menjalankan visi dan misi orgaisasi, FKHMEI terus berkembang mengikuti dinamika kehidupan organisasi kemahasiswaan. Dalam perjalanannya FKHMEI telah melakukan 9 kali Musyawarah Nasional sebagai organ tertinggi dalam organisasi.
Musyawarah Nasional FKHMEI yang telah dilaksanakan diantaranya :
1.      Munas I di Universitas Udayana Bali tahun 1990.
2.      Munas II di Universitas Hasanuddin Ujung Pandang tahun 1992.
3.      Munas III di Universitas Pancasila Jakarta pada 17-22 Oktober 1994.
4.      Munas IV di Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom Bandung tanggal 2-7Desember 1996
5.      Munas V di Universitas Sanata Dharma (UNSADHA) Yogyakarta tahun 2002.
6.      Munas VI di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan Sumatera Utara, tanggal 19-24 Juli 2004.
7.      Munas VII di Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat tanggal 12-18 Maret 2007.
      8.      Munas VIII di Universitas Pakuan Bogor, Jawa Barat tahun 2010.
      9. Munas IX di Universitas Negeri Gorontalo, Sulawesi Utara 19 – 24 November 2012

Sampai saat ini Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI) terbagi dalam 15 wilayah yang beranggotakan 375 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. FKHMEI telah banyak mengikuti kegiatan tingkat regional ASEAN dan manjadi anggota komunitas Teknik Elektro ASEAN bersama Negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN.
Moment – moment yang ada di FKHMEI :
·         Musyawarah Nasional (MUNAS)
Musyawarah Nasional (MUNAS) adalah moment yang mempunyai posisi tertinggi diantara moment di FKHMEI, di moment ini dilakukan Pemilihan Sekretaris Jendral FKHMEI, Presidium Tiap Wilayah  serta penentuan Wilayah untuk Kegiatan Musyawarah Nasional (MUNAS) dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) selanjutnya, Moment ini dilaksanakan 2 tahun sekali.
·         Musyawarah Wilayah (MUSWIL)
Musyawarah Wilayah (MUSWIL) adalah moment sebagai tindak lanjut kegiatan  Musyawarah Nasional (MUNAS), setelah terpilihnya Sekretaris Jendral FKHMEI dan Presidium Wilayah, Selanjutnya disetiap Wilayah akan dilakukan Pemilihan Koordinator Wilayah dan perangkatnya yang selanjutnya akan di SK kan oleh Sekretaris Jendral FKHMEI.
·         Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL)
Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) adalah moment untuk merangkulkan setiap ide – ide dari setiap Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) di dalam suatu Wilayah. Setelah program Kerja ini dirangkulkan maka akan dibagikan sesuai tupoksi kampus yang mampu mengemban program kerja. Dan dimoment ini akan membahas Tindak Lanjut persiapan untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) di wilayah yang telah diputuskan sebagai Tuan Rumah Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS)
·         Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS)
Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) adalah adalah moment untuk merangkulkan setiap ide – ide setiap Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) dari setiap  Wilayah. Setelah program Kerja ini dirangkulkan maka akan dibagikan sesuai tupoksi wilayah yang mampu mengemban program kerja, Dan pada moment ini akan diputuskan Wilayah yang akan menjadi Tuan Rumah Pekan Elektro Nasional (PENA)
·         Pekan Elektro Nasional (PENA) + Rapat Koordinasi Nasional I
Pekan Elektro Nasional (PENA) adalah moment untuk menindak lanjuti perkembangan dari pada Tuan Rumah dalam mempersiapkan Kegiatan Musyawarah Nasional (MUNAS), di dalam moment ini ada beberapa Rentetan Kegiatan yang mampu menjadi realisasi  dari apa yang dipelajari di setiap kampus, seperti Bazar Hasil – hasil TGA, dan Berbagai Perlombaan yang ditutup dengan Kunjungan Wisata sebagai Duta Daerah dalam memperkenalkan Daerah ke kancah nasional
·         Electrical Engineering Expo (E³) + Rapat Koordinasi Nasional IIElectrical Engineering Expo (E3) adalah moment yang tidak jauh berbeda dengan Pekan Elektro Nasional (PENA), Kegiatan ini bertujuan untuk menfinishingkan kesiapan  Kegiatan Musyawarah Nasional (MUNAS), serta membantu Wilayah dalam mempublis Kampus dan Wilayahnya sehingga dapat mendongkrak akreditasi kampus, kegiatan ini sangat dipengaruhi Rekomendasi daripada  Sekretaris Jendral FKHMEI

0 komentar:

Posting Komentar